Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah jalin kerjasama dengan Dinas Perpustaakan dan Arsip Daerah setempat untuk penyediaan bahan bacaan di ruang tunggu.

Kepala Disdukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal mengatakan pihaknya ingin terus mewujudkan kenyamanan bagi masyarakat di ruang tunggu kantor dinas setempat dengan penyediaan buku atau bahan bacaan yang lebih beragam.

"Dengan banyaknya bahan bacaan tentu waktu masyarakat dapat lebih efektif, tidak hanya menunggu sia-sia, tapi bisa sambil membaca. Dan mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Mustafa Kamal di Disdukcapil setempat, Selasa.

Menurutnya hal itu telah dibicarakan dengan pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Tengah dan mendapat respon antusias.

"Kepala Dinas Perpustakaan Zikriadi sangat mendukung adanya peran aktif dari berbagai pihak untuk meningkatkan semangat membaca masyarakat, seperti yang kita lakukan," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Tengah Zikriadi mengatakan apa yang dilakukan oleh pihak Dukcapil ini memang sangat sejalan dengan program mereka yang terus berupaya menggalakkan minat baca masyarakat.

"Penempatan pojok baca dilengkapi bahan bacaan di ruang-ruang publik juga merupakan program kami," tutur Zikriadi.

Menurutnya penyediaan buku-buku dan bahan bacaan lainnya di Disdukcapil setempat nantinya akan diperuntukkan untuk semua kalangan, mulai dari orang tua, remaja, dan anak-anak.

Selain itu kata Zikriadi seluruh bahan bacaan tersebut juga akan terus diperbaharui setiap bulannya.

"Buku-buku tersebut nantinya setiap bulan akan diganti dengan judul yang baru," ujarnya.

"Tidak hanya buku, tahun depan kita juga upayakan ada penempatan satu unit Pustaka Digital di Dinas Dukcapil, sehingga lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bacaan," kata Zikriadi.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020