Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI mengatakan klaster percontohan budidaya undang nasional yang dipusatkan di Aceh Timur dinilai berhasil. 

“Kita sudah meninjau lokasi klaster percontohan budidaya udang di Aceh Timur. Progresnya sudah lebih 50 persen. Kita yakin program yang menyentuh langsung ke petani tambak ini akan berhasil,” kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP-RI Slamet Subyakto disela-sela Kunjungan Kerja ke Aceh Timur, Rabu.

Ia mengatakan keberhasilan program klaster percontohan budidaya udang nasional tersebut, akan dikembangkan menjadi program unggulan di sektor budidaya udang. 
 
“Hasil observasi kita di lapangan, diperkirakan pertengahan bulan ini akan rampung seluruhnya, sehingga awal Desember mendatang induk undang tersebut bisa disebar ke seluruh Aceh. Jadi, Aceh Timur ini sebagai model percontohan budidaya udang secara nasional,” kata Slamet Subyakto.

Sementara Bupati Aceh Timur Hasballah  atau Rocky menyebutkan model percontohan yang menjadi program nasional itu disiapkan 5 hektar tambak binaan. Namun mulai tahun depan pihaknya bekerjasama dengan kelompok tani akan menyediakan 10 ribu hektar tambak.

“Aceh Timur memiliki 18.500 hektar tambak terbentang luas sepanjang pesisir Aceh Timur mulai dari Madat hingga ke Birem Bayeun. Jadi kedepan 14 kecamatan ini akan dilakukan budidaya udang sebagai program nasional yang dipusatkan di Aceh Timur,” demikian Rocky.


 

Pewarta: Hayaturrahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020