Puluhan personel Satuan Polisi Peraiaran dan Udara (Satpolairud) Polres Aceh Timur bersama Search and Rescue (SAR) setempat 
melaksanakan latihan bagaimana cara menyelamatkan orang tenggelam di perairan Pantai di Paya Dua, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur, Sabtu.

Kasatpolairud Polres Aceh Timur Iptu Zainurrusydi mengatakan latihan ini untuk mempersiapkan anggota apabila ada bencana alam baik di darat maupun di air siap diterjunkan ke lapangan.

"Apabila terjadi bencana atau kecelakaan baik di darat maupun di air maka anggota di lapangan sudah tau apa yang harus dia lakukan,” kata Iptu Zainurrusydi.

Dikatakannya selain itu, tujuan dari pelatihan bersama ini juga untuk meningkatkan kemampuan anggota secara konsisten dan berkesinambungan dalam kegiatan menyelam, sehingga dengan demikian mereka akan menjadi lebih percaya diri memperoleh pengetahuan baik secara teori maupun praktik mengenai kegiatan penyelamatan guna mendukung kegiatan SAR di perairan.

"Dalam latihan SAR air juga turut diberikan materi latihan bagaimana cara mengevakuasi dan penyelamatan terhadap korban bencana banjir dengan menggunakan tali, ring boy, pelampung dan perahu karet. Selain itu juga diberikan latihan bagaimana cara menolong korban yang pingsan,"ujarnya.


 

Pewarta: Hayaturrahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020