Seorang warga tewas tertimbun tanah longsor di kawasan Desa Lelumu Dusun Datar, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan peristiwa tanah longsor itu terjadi pada Selasa (15/12) sekitar pukul 13.00 WIB. 

"Korban yang meninggal dunia atas nama Ridwan, 45 tahun," kata Sunawardi dalam keterangan yang diterima di Kota Banda Aceh, Selasa, malam.
Warga tewas tertimbun tanah longsor di kawasan Desa Lelumu Dusun Datar, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (15/12/2020). (ANTARA/BPBD Aceh Tengah)

Ia menjelaskan sekitar pukul 08.00 WIB, korban bersama saudara iparnya berangkat ke kebun untuk membersihkan kebun. Kemudian, sekitar pukul 13.00 WIB mereka berdua istirahat, dan tiba-tiba melihat tanah longsor.

"Korban dan adik iparnya berusaha lari namun tanah dengan cepat turun sehingga korban tertimpa tanah longsor," kata Sunawardi.

BPBD Aceh Tengah langsung menurunkan tim reaksi cepat (TRC) untuk melakukan evakuasi, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada warga tertimpa tanah longsor pada pukul 15:30 WIB.

"Tim menuju ke lokasi untuk evakuasi harus menenpuh jarak 15 kilometer. Petugas TRC BPBD Aceh Tengah dan masyarakat setempat baru melakukan evakuasi korban pada pukul 20:15 WIB," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020