Ratusan prajurit TNI Kodim 0106 Aceh Tengah mengikuti uji terampil perorangan guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam bertugas.

Uji terampil perorangan (UTP) tersebut dipusatkan di Lapangan Makodim 0106 Aceh Tengah di Takengon, Rabu.

Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan melalui koordinator kegiatan Kapten Inf Suratin mengatakan UTP merupakan kegiatan rutin tahunan untuk tujuan memelihara kemampuan para prajurit dan meningkatkan profesionalisme.

"Kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya," kata Kapten Inf Suratin.

Menurutnya, kegiatan tersebut menguji tingkat kecakapan para prajurit,  meliputi tujuh tingkatan dengan materi yang disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing prajurit.

"Seperti sikap teritorial, lima kemampuan teritorial dan binter, bakti TNI, binwanmil, komsos, sisrendal binter, ketatalaksanaan binter, ilmu medan, permildas, teknik dasar menembak, wawancara, interogasi, dan materi militer umum," sebutnya.

Kapten Inf Suratin mengharapkan UTP tersebut mampu meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya prajurit. Apalagi tugas dan pembinaan teritorial adalah merupakan fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran.

"Dalam menjalankan tugas teritorial tersebut dibutuhkan kompetensi prajurit, khususnya para babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan di lapangan," pungkas Kapten Inf Suratin.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021