Pelayaran kapal penumpang dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Sabang dan sebaliknya dihentikan karena cuaca buruk di wilayah perairan Aceh.

"Iya benar sudah dihentikan, tidak ada jadwal keberangkatan maupun kedatangan lagi untuk hari ini karena cuaca kurang baik," kata Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Adrian, di Banda Aceh, Jumat.

Adrian mengatakan, penghentian aktivitas kapal dilakukan pada jadwal keberangkatan kedua dan tiga setelah pelayaran pagi behasil selamat tiba di dermaga.

Kata Adrian, untuk kapal lambat (fery) sempat melakukan pelayaran dua kali dan kapal cepat Express Bahari sekali  perjalanan sebelum dilanda cuaca buruk dengan gelombang tinggi. 

"Yang berangkat hari ini tadi kapal Fery pukul 07.30 WIB dan pukul 10.30 WIB, dan kapal cepat yang sempat berangkat hari ini satu kali yaitu sekitar pukul 08.00 WIB," ujarnya.

Adrian menyebutkan, berdasarkan informasi cuaca yang diterima pihaknya, ketinggian gelombang di wilayah perairan Banda Aceh-Sabang hari ini mencapai empat meter, karena itu pelayaran tidak bisa dilanjutkan.

"Untuk ketinggian gelombang mulai dari tiga sampai empat meter, maka dari itu demi keselamatan penumpang kapal tidak diberangkatkan lagi," kata Adrian.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021