Tim gabungan terdiri dari petugas BPBD, TNI, Polri, Brimob dan masyarakat hingga Ahad, sore, masih terus berupaya melakukan pemadaman di lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir kabupaten setempat.

“Sejauh ini luas lahan terbakar ditaksir mencapai sekitar enam hektare, saat ini upaya pemadaman masih terus dilakukan,” kata Kapolres Nagan Raya AKBP Risno SIK di lokasi kebakaran, Nagan Raya.

Ia menjelaskan, upaya pemadaman tersebut dilakukan dengan cara mendatangkan satu unit armada pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya ke lokasi kebakaran.

Tidak hanya itu, tim gabungan juga berupaya memadamkan api dengan menggunakan tiga unit mesin pompa air ke lokasi.

“Alhamdulillah, sampai Ahad sore api sudah berhasil dipadamkan, hanya tersisa asapnya saja,” kata Kapolres Risno menambahkan.

Ia juga mengakui sulitnya sumber air di lokasi kebakaran, menyebabkan upaya pemadaman kebakaran di kawasan lahan gambut tersebut ikut terkendala.

Meski sudah berhasil memadamkan api, petugas kepolisian bersama tim gabungan masih siaga di lokasi, guna memastikan tidak ada sumber api baru yang muncul ke permukaan.

“Kita berharap tidak ada lagi kebakaran lahan di Nagan Raya, makanya petugas tetap kita siagakan di lokasi,” kata Kapolres Risno.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021