Sebaran abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara pada Selasa (2/3) pagi, telah sampai ke sejumlah wilayah di Provinsi Aceh.

"Bila dilihat dari foto satelit diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau terpapar ke Provinsi Aceh," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Selasa.

Kata Zakaria, erupsi Gunung Sinabung terjadi sekitar 09.49 WIB. Informasi dari Koordinator Stasiun Meteorologi Kelas I Kualanamu, Sumatera Utara, bahwa tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter, terbawa angin Timur yang menuju ke arah Barat hingga Selatan.

"Abu vulakni mulai terdampak ke wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, dan juga sudah meluas ke Kabupaten Aceh Selatan," katanya.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau agar masyarakat Aceh Tenggara dan Aceh Selatan yang mulai terpapar debu asap vulkanik agar mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan dan air untuk konsumsi," katanya, mengajak.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021