Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Barat kini mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kerajinan tangan eceng gondok dan sulam tradisoional benang emas di daerah itu, sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi COVID-19.

“Pengembangan yang kita lakukan ini nantinya mampu meningkatkan promosi kerajinan tangan daerah hingga ke nasional, sehingga dapat meningkatkan pendapatan pengrajin, khususnya masyarakat kecil,” kata Ketua Dekranasda Aceh Barat Evi Juwinda kepada ANTARA, Kamis di Meulaboh.

Menurutnya, pengembangan tersebut dilakukan mengingat produksi aneka kerajinan tangan eceng gondok berlokasi di Desa Kubu Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat tersebut, kini produksi UMKM tersebut sudah tembus ke pasar domestik dan internasional.

Bahkan beberapa produk tersebut saat ini sangat diminati oleh masyarakat di luar Aceh, sehingga Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dekranasda, terus berupaya melakukan pembinaan kepada kelompok masyarakat.

Selain itu, kata Evi Juwinda, pengembangan UMKM juga difokuskan kepada kerajinan tangan sulam benang emas di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat.
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Evi Juwinda berpose di depan aneka hasil kerajinan tangan sulam benang emas secara tradisional yang dikerjakan oleh masyarakat di Gampong Cot, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (11/3/2021). (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Aceh Barat)

Ia menuturkan, kerajinan tangan yang dikerjakan oleh kaum perempuan di daerah itu juga sangat diminati oleh masyarakat di pasar lokal, domestik maupun di luar negeri.

“Jadi, kami akan terus berupaya mengembangkan aneka hasil kerajinan tangan ini, agar nantinya masyarakat dapat terus termotivasi untuk mengembangkan kerajinan tangan khas Aceh Barat, agar semakin dikenal di luar daerah maupun di luar negeri,” kata Evi Juwinda menambahkan.

Ia juga mengakui, Dekranasda Aceh Barat akan terus berupaya memberikan motivasi kepada masyarakat pengrajin hasil kerajinan tangan di daerah ini, sehingga masyarakat terus bersemangat dalam menggairahkan roda perekonomian keluarga maupun di desa.

“Dekranasda Aceh Barat akan terus berupaya memberikan semangat dan mendorong agar usaha mikro kecil menengah di Aceh Barat terus tumbuh ditengah pandemi, agar ekonomi masyarakat semakin bangkit dan pulih,” katanya mengharapkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021