PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memperpanjang pemberian stimulus diskon tagihan listrik sebesar 50 persen kepada pelanggan listrik dengan kapasitas 450 volt ampere (2 ampere) di wilayah pantai barat Provinsi Aceh.

Ada pun total pelanggan listrik di wilayah pantai barat Provinsi Aceh yang menerima stimulus rekening listrik berjumlah  91.583 pelanggan, terdiri dari pelanggan pascabayar sebanyak 59.140 pelanggan dan prabayar 32.344 pelanggan, tersebar di Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya dan Pulau Simeulue.

Baca juga: PLN gandeng Kejati Aceh untuk pendampingan hukum

“Pemberian diskon tagihan ini sesuai surat dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan no. B-467/TL.04/DJL.3/2021,” kata Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Meulaboh Ediwan HD, Senin. 

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan pembebasan atau diskon rekening listrik kepada pelanggan 450 VA sebesar 100 persen dari tagihan.

Baca juga: PLN UP3 Lhokseumawe siap penuhi kebutuhan listrik industri

Ada pun jenis pelanggan yang mendapatkan stimulus atau diskon tagihan listrik sebesar 50 persen tersebut, kata Ediwan, terdiri dari pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA (R1/TR 450 VA).

Kemudian pelanggan bisnis kecil daya listrik 450 VA (B1/TR 450 VA), serta industri daya kecil daya 450 VA (I1/TR 450 VA).

Ada pun mekanisme pemberian diskon, kata dia, khusus pelanggan reguler (pascabayar) pada rekening listrik diberikan diskon sebesar 50 persen untuk biaya pemakaian dan biaya beban.

Baca juga: Dukung vaksinasi dan optimalkan pelayanan publik, PLN Vaksinasi Ratusan Pegawai di Aceh

Kemudian untuk pelanggan prabayar diberikan diskon tarif listrik untuk pembelian token sebesar 50 persen.

Sedangkan untuk pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA), kata Ediwan, khusus untuk pelanggan reguler (pascabayar) rekening listrik diberikan diskon sebesar 25 persen biaya pemakaian dan biaya beban.

Sedangkan untuk pelanggan prabayar diberikan diskon tarif listrik untuk pembelian token sebesar 25 persen, katanya.

Ediwan juga menjelaskan, jumlah pelanggan listrik di wilayah kerja PLN UP3 Meulaboh yang menerima stimulus rekening listrik berjumlah  91.583 pelanggan,  terdiri dari pelanggan pascabayar 59.140 pelanggan dan prabayar 32.344 pelanggan.

“Sebanyak 91.583 pelanggan ini tersebar di empat kabupaten yakni Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya dan Kabupaten Simeulue,” tutur Ediwan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada pelanggan khususnya pelanggan 450 VA (2 Ampere) pascabayar yang sebelumnya mendapat diskon stimulus rekening 100 persen, terhitung mulai bulan April akan terbit rekening listrik yang telah didiskon 50 persen agar bisa membayarkan rekening listriknya sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya.

Hal ini untuk menghindari biaya keterlambatan dan pemutusan oleh petugas PLN, demikian Ediwan HD.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021