Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman memastikan bahwa warga Banda Aceh taat terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes) selama Ramadhan 1442 Hijriah. 

"Ini menjadi tugas kami bersama di daerah, kita memastikan agar pelaksanaan prokes berjalan dengan baik di Banda Aceh," kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Selasa.

Aminullah menyampaikan, upaya pencegahan COVID-19 yang terus dilakukan seperti sosialisasi secara masif, menyiapkan fasilitas pendukung pencegahan dan penanganan virus di semua fasilitas publik. 

"Kita juga melakukan kontrol langsung ke lapangan, serta memastikan pelaksanaan vaksinasi bagi warga secara merata," ujarnya.

Aminullah juga meminta semua pihak harus mematuhi Tausiah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Nomor 2 Tahun 2021 tentang pelaksanaan ibadah bulan ramadhan dan kegiatan keagamaan lainnya tahun 1442 hijriah. 

"Salah satu poinnya, MPU Aceh meminta setiap komponen masyarakat tidak melaksanakan kegiatan keramaian seperti buka puasa bersama, sahur bersama, safari subuh, dan lain-lain," kata Aminullah

Selain itu, lanjut Aminullah, mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama bulan ramadhan di Banda Aceh, semua aktivitas merujuk pada ketentuan prokes serta tausiah MPU Banda Aceh. 

"Menjaga kebersihan, selalu cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dalam aktifitas luar rumah dan selalu memakai masker. Bagi yang memiliki penyakit menular, maka dilarang shalat berjamaah di masjid," demikian Aminullah. 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021