Wali Kota Sabang Nazaruddin menerima kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam rangka meninjau kesiapan infrastruktur investasi pariwisata di Kota Sabang, Sabtu (1/5).

Nazaruddin menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menparekraf ke Sabang, yang diharapkan masyarakat agar dapat memajukan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk selama pandemi COVID-19.

"Inilah harapan masyarakat Kota Sabang yang saat ini pariwisata merupakan roda perekonomian, dengan hadirnya bapak menteri maka dapat melihat langsung pasca pandemi pariwisata di Kota Sabang,” katanya.

Menurut dia Pemerintah Pusat sudah banyak mendukung pembangunan di Pulau Weh itu, baik dari segi pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya.

Masih banyak spot lokasi wisata di Sabang yang berpotensi untuk dikembangkan namun belum sempati dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno.

“Tetapi pada prinsipnya kami siap menerima dan menyukseskan event – event yang akan dilaksanakan di Kota Sabang demi membangkitkan kembali pereekonomian masyarakat,” katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno telah  melihat langsung potensi yang dimiliki  Kota Sabang, bahkan ada beberapa spot yang bisa dijadikan sektor unggulan.

“Jadi tadi membahas beberapa spot yang ditunjukkan mulai dari tugu kilometer Nol, kawasan wisata Teupin Layeu, dan beberapa spot lainnya untuk marina dan resort maupun hotel, untuk itu saya akan berkoordinasi langsung kepada beberapa investor untuk kelanjutan dari kunjungan ini,” kata Sandiaga Uno.

Menurut dia Kota Sabang juga memiliki alam yang sangat indah, sangat cocok untuk diadakan event bahari, sport tourism dan lainnya karena faktor alamnya yang sangat mendukung.

Potensi tersebut nantinya akan dikemas dan berkolaborasi dengan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), yang diharapkan cepat terwujud.

“Pariwisata harus kita pulihkan mulai dari tepian paling barat Indonesia kita suarakan kepada dunia bahwa kita membuka peluang investasi kerja seluas-luasnya,” katanya.

Sandiaga Uno juga akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak guna mengaktifkan kembali rute penerbangan ke wilayah Kota Sabang.

Menurutnya, dulu Bandara Maimun Saleh milik TNI Angkatan Udara di Kota Sabang itu melayani jalur penerbangan dari Kualanamu-Sabang, namun dalam beberapa tahun terakhir tidak lagi beroperasi.

"Saya akan berkoordinasi agar rute Kualanamu-Sabang ini bisa dibuka kembali, tujuannya untuk membangkitkan pariwisata dan tentunya menghidupkan ekonomi kreatif kita," ujarnya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021