Pemerintah Kota Banda Aceh sedang menjajaki kerjasama bidang pendidikan dengan pihak Universitas Terbuka (UT)  dalam waktu dekat segera dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU). 

"PNS dengan segala rutinitas dan pekerjaannya tetap bisa melanjutkan pendidikan. Di UT sangat cocok karena tidak perlu tatap muka," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Rabu. 

Aminullah menyambut baik wacana tersebut kerjasama tersebut karena berdampak pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Katanya, para PNS Pemko yang ingin melanjutkan pendidikan sangat cocok dengan program di UT karena tidak harus hadir fisik. Untuk detail kerjasama, nanti poin-poinnya akan dituangkan dalam kesepahaman bersama (MoU) yang akan ditandatangani wali kota dengan pimpinan UT di Jakarta.

Manajer Keuangan dan Umum UT Regional Aceh Musliadi mengatakan di UT tersedia program S1, S2 dan S3. Pihaknya siap membangun kerjasama dengan Pemko dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur.

Saat ini UT Regional Aceh telah melahirkan 1.685 orang alumni di Banda Aceh dari 25 ribu orang di seluruh Aceh.

Selain membahas soal pendidikan, dalam kesempatan ini kedua belah pihak juga berbicara soal penataan taman. Di dekat kantor UT Regional Aceh di Punge, ada lahan milik Pemko. Institusi pendidikan tersebut ingin memanfaatkan lahan tersebut untuk taman agar lebih indah dipandang mata.

Di akhir pertemuan, Wali Kota dan Musliadi saling tukar cindera mata. Wali Kota juga menyerahkan buku "Ala Aminullah Perangi Rentenir" kepada para pejabat UT.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021