Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Timur menyatakan sembilan warga di kabupaten itu yang terpapar COVID-19 masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Sembilan orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sedangkan tiga pasien COVID-19 masih dirawat di rumah sakit," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Timur Edy Gunawan di Aceh Timur, Senin.

Edy Gunawan mengatakan jumlah pasien yang terpapar COVID-19 di daerah Kabupaten Aceh Timur terus meningkat dan kini menjadi 172 kasus sejak terdeteksi kasus perdana di Provinsi Aceh pada Maret 2020. 

Dari 172 kasus tersebut, kata Edy Gunawan, sebanyak 160 orang di antaranya selesai menjalani isolasi dan perawatan, sembilan masih dalam proses karantina, dan tiga dirawat di rumah sakit. 

Tiga pasien COVID-19 yang dirawat tersebut, kata Edy Gunawan, merupakan pasien yang dirujuk dari RSUD Zubir Makmud Aceh Timur, baik ke RSUD Cut Meutia Lhokseumawe, maupun ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

"Dua pasien COVID-19 asal Aceh Timur dirawat di RSUD Cut Meutia Lhokseumawe, dan satu orang pasien dirawat di RSUD Zainoel Abidin di Banda Aceh," kata Edi Gunawan.

Terkait akumulasi jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Aceh Timur, Edy Gunawan mengatakan jumlahnya mencapai 85 orang. Terdiri seorang PDP dirawat di RSUD Zubir Makmud Aceh Timur, lima PDP dinyatakan meninggal dunia serta 79 PDP sembuh.

"Kami mengingatkan masyarakat Aceh Timur tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta tidak berkerumunan," kata Edy Gunawan.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021