PT PLN berkomitmen berkontribusi mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memperkuat perekonomian masyarakat Indonesia salah satunya melalui pelatihan, peralatan usaha dan pembinaan naik kelas. 

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan PLN memiliki tanggung jawab sosial dalam membina masyarakat, salah satunya dengan mengembangkan potensi ekonomi UMKM untuk bangkit dan tumbuh positif. 

"Kami berharap melalui program pembinaan UMKM ini dapat mendorong peningkatan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Zulkifli Zaini. 

Ia menyebutkan program pembinaan UMKM PLN terus digencarkan dengan mengedepankan digitalisasi dengan harapan UMKM di Indonesia berkembang semakin pesat dan Go Global. 

"Fokus utama dari program ini adalah untuk membantu UMKM secara konsisten agar terus dapat bertahan secara mandiri dari dampak ekonomi yang dialami oleh pandemi Covid-19," katanya. 

Program pemberdayaan UMKM tersebar di 230 kabupaten kota di 34 Provinsi dengan total dana yang disalurkan melalui program kemitraan sampai Mei 2021 Rp 349 miliar lebih dengan 43.958 UMK mitra binaan PLN yang mendapatkan penyaluran program. 

Sementara program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) selama masa pandemi data 2020 hingga Mei 2021 total dana yang telah disalurkan Rp 59,3 miliar dengan 10.112 UMK mitra binaan PLN mendapat penyaluran program. 

Untuk membangkitkan semangat UMKM Indonesia, kata Zulkifli Zaini, PLN memberikan stimulus berupa keringanan angsuran mitra binaan PLN yang mendapatkan program UMK. 

Selain itu diberikan diskon tarif listrik 50 persen bagi pelanggan bisnis kecil dan industri kecil daya 450 VA hingga Juni 2021. Serta pembebanan abonemen dan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis dan sosial. 

"Kita Juga memberikan program super hemat UMKM diskon tambah daya dengan cukup membayar Rp 202.100 hingga 31 Mei 2021," katanya. 

Dengan diberikannya program pembinaan melalui pelatihan dan peralatan usaha,  diharapkan UMKM dapat terus bisa eksis dan menambah pasar penjualan produk mereka. 

"PLN akan terus memberikan bantuan kepada UMKM agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka dalam usaha," demikian Zulkifli Zaini.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021