Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menyatakan vaksinasi vaksin COVID-19 warga lanjut usia (lansia) berjalan efektif berkat pendekatan keluarga.

"Vaksin lansia sudah bertambah banyak. Ini karena pendekatan keluarga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman di Banda Aceh, Selasa. 

Lukman mengatakan vaksinasi lansia selama ini terkendala karena banyak yang menolak. Pihaknya melakukan pendekatan keluarga untuk membawa lansia ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. 

Menurut Lukman, jika tanpa peran keluarga pihaknya kesulitan meyakinkan para lansia tersebut dan bahkan hampir tidak berhasil. Karenanya solusi dilakukan menggunakan pendekatan keluarga. 

"Jadi keluarga mereka yang meyakinkan lansia tersebut. Jadi, mereka membawa lansia ikut vaksinasi dan saya lihat cara ini cukup efektif," ujar Lukman. 

Lukman menuturkan, cara pendekatan keluarga ini berjalan baik meskipun belum mencapai hasil maksimal sesuai target yang diharapkan. 

"Memang belum maksimal, tetapi minimal sudah ada perbaikan dari proses sebelumnya," kata Lukman. 

Lukman menyebutkan lansia di Banda Aceh yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 sebanyak 876 orang untuk dosis pertama dan 764 dosis kedua. 

"Dari jumlah sasaran kami sebanyak 16.134 lansia, yang sudah ikut vaksin baru ikut vaksin sekitar 5,4 persen dosis pertama dan 4,74 persen dosis kedua," demikian Lukman. 
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021