Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan kaum ibu mampu memberikan edukasi terbaik bagi pengembangan akhlak, budi pekerti dan ilmu pengetahuan bagi anak dari dalam kandungan.

“Kaum ibu adalah guru terbaik bagi anak-anak, karena beban mulia tersebut hanya mampu dilakukan oleh kaum perempuan khususnya kaum ibu,” kata Bupati Ramli MS di Meulaboh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikanya di sela-sela pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara virtual oleh Bunda PAUD Aceh, Dyah Erti Idawati.

Ramli MS menjelaskan pendidikan usia dini merupakan sistem pendidikan bagi anak sebelum memasuki masa sekolah, dan salah satu metode pemerintah secara nasional yang dibebankan kepada kaum ibu.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sangat mendukung dan siap membantu untuk berlangsungnya pendidikan terhadap anak usia dini,” kata Ramli MS.

Ia berharap pendidikan usia dini menjadi awal proses pembelajaran bagi anak-anak agar menjadi cerdas, ceria serta berakhlak mulia untuk menuju masyarakat Indonesia adil, makmur dan gemilang.

Ia juga mengajak kepada kaum ibu di Aceh Barat agar berkolaborasi dan saling berbagi informasi untuk tercapainya pendidikan yang bermutu bagi anak usia dini.

Bunda PAUD Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda mengatakan bahwa pendidikan usia dini merupakan suatu upaya pembinaan kepada anak sejak usia dini sampai dengan usia enam tahun.

”Saya mengajak bunda PAUD kecamatan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa fondasi yang kuat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini,” katanya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021