Pemerintah Kota Banda Aceh menyambut baik tawaran kerjasama digitalisasi promosi dunia usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan PT Pos Indonesia untuk mempromosikan produk UMKM kota setempat.

"Salah satu rencana kerjasamanya adalah mempromosikan dunia UMKM Banda Aceh, Pos Indonesia mengendorse produk UMKM lokal," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, di Banda Aceh, Sabtu.

Aminullah menyambut baik tawaran kerja sama tersebut, apalagi sampai hari ini persoalan promosi dan pemasaran masih menjadi kendala bagi dunia UMKM Banda Aceh. 

"Soal permodalan dan kemasan, alhamdulillah sudah bisa kita atasi. Tapi soal promosi dan pemasaran masih menjadi problem," ujarnya.

Aminullah berharap, bersama PT Pos Indonesia Banda Aceh bisa lebih menggencarkan kedua upaya tersebut. Terutama promosi secara digital di tengah era e-commerce saat ini. 

"Untuk tahap awal akan bisa kita tuangkan dalam sebuah MoU untuk melakukan kerja sama seperti yang telah berjalan dengan daerah lain," kata mantan Direktur Bank Aceh itu.

Terkait rencana kerja sama ini, Aminullah juga meminta Pos Indonesia untuk membicarakannya lebih lanjut dengan SKPK terkait dalam hal ini Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, dan Dinas Pariwisata.

"Karena dunia UMKM Banda Aceh sangat erat kaitannya dengan sektor pariwisata," ujar Aminullah.

Sementara itu, Kepala Kantor Regional I Sumatra Utara-Aceh PT Pos Indonesia Dino Ariyadi mengatakan, kerja sama serupa sudah pernah ia terapkan saat bertugas di Palembang. Di sana, mereka sukses mempromosikan makanan khas pempek dengan pemerintah setempat. 

"Pak wali bisa mengirimkan produk-produk unggulan UMKM Banda Aceh ke orang-orang terkenal di negeri ini. Lalu kita promosikan lagi secara digital, lewat medsos dan lain sebagainya," kata Dino Ariyadi.

Pos Indonesia, kata Dino, memiliki kelebihan jaringan yang luas di seluruh wilayah Indonesia, pihaknya bisa membebaskan ongkos kirim, seperti yang  diberlakukan di Sumatera Utara untuk produk-produk UMKM di sekitar Danau Toba.

Karena itu pihaknya mendorong program tersebut dapat diluncurkan pada momen yang spesial, seperti HUT kota nantinya.

"Ini akan menjadi bukti kepedulian wali kota dan Pos Indonesia terhadap perkembangan UMKM lokal," demikian Dino.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021