Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin (RSUDZA), dr. Isra Firmansyah menyatakan vaksin tidak mencegah terjadinya penularan COVId-19, tapi dapat mengurangi jatuh sakit dengan kondisi parah ketika tertular virus corona.

“Manfaat vaksin Covid-19 dalam mencegah gejala sedang hingga sangat berat tercatat mencapai 90 persen,” kata Isra yang juga penyintas COVID-19s

Isra menjelaskan, setiap orang yang sudah divaksin masih memiliki peluang untuk tertular virus corona apabila abai menerapkan protokol kesehatan. 

Ia menyarankan semua pihak untuk disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan meskipun sudah divaksin.

Hal senada juga disampaikan dr. Makhrozal, Direktur Rumah Sakit Jiwa Aceh. Sebagai penyintas COVID-19 yang sudah sembuh ia sangat merasakan manfaat dari vaksinasi. 

Ia mengatakan, berkat adanya vaksinasi gejala sakit akibat virus corona dapat ditekan sekecil mungkin.

“Satu hal yang perlu kita pahami dari manfaat vaksin COVID-19, yaitu untuk mencegah timbulnya gejala sedang hingga berat pada pasien yang terinfeksi virus corona,” kata Makhrozal. 

Vaksinasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Aceh kembali digelar mulai 22 Juni 2021 kata pejabat di daerah setempat.

“Setelah kita melakukan vaksinasi tahap pertama, hari ini kita lanjutkan kembali untuk tahap kedua,” kata Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan vaksinasi massal ASN tahap pertama telak di laksanakan pada tanggal 3 hingga 15 Juni dan capaiannya sangat baik.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021