Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh menggelar pasar murah di 90 titik di seluruh provinsi itu guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dengan harga terjangkau menjelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriah.

“Pasar murah yang kita gelar ini juga untuk membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang terdampak pandemi COVID-19,” kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Aceh Singkil, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka pasar murah serentak di seluruh kabupaten/kota di Aceh yang di pusatkan di Aceh Singkil.

Ia menjelaskan bahan komoditas yang disiapkan di pasar murah tersebut terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu dan telur ayam.

“Tentu harga yang dijual di pasar murah ini lebih murah di pasaran,” katanya.

Ia mengatakan pasar murah yang digelar serentak di seluruh Aceh itu akan berlangsung hingga 10 Juli 2021.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik pasar murah ini, karena harga yang dijual sangat terjangkau,” katanya.

Gubernur juga mengatakan pasar murah tersebut diprioritaskan kepada masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. 

“Bagi keluarga dengan ekonomi menengah ke atas, sebaiknya tidak perlu ikut antrian, mengingat jumlah bahan makanan yang dijual terbatas,” kata Gubernur.

Ia juga berpesan kepada masyarakat dan panitia penyelenggara pasar murah agar mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Mohd Tanwier menyebutkan pasar murah yang digelar Pemerintah Aceh tersebut memberikan subsidi untuk beberapa kebutuhan yakni beras, gula pasir, tepung terigu dan minyak makan masing-masing Rp3.000 per kilogram dan telur ayam ras disubsidi Rp250 per butir dari harga pasar.

“Artinya, harga jual di pasar murah ini lebih murah Rp3.000 per kilogram dari harga pasar l,” katanya.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik momen pasar murah yang di gelar di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid  menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Aceh atas penunjukan Aceh Singkil sebagai lokasi pembukaan pasar murah.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021