Banda Aceh, 21/1 (Antaraaceh) - Pihak Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh menyatakan proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2015 telah dimulai dari Kamis, 22 Januari sampai 8 Maret tahun itu.

“Pengisian dan verifikasi data siswa dan sekolah sudah dapat diisi di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) nasional,” kata Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu.

Samsul menjelaskan pengisian data ke PDSS dilakukan oleh sekolah dan diverifikasi oleh siswa yang dilakukan melalui di laman http://pdss.snmptn.ac.id.

Ia mengatakan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menerima akan menerima 50 persen mahasiswa baru tahun 2015 melalui jalur SNMPTN dan sisanya akan diseleksi melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Jalur Mandiri.

Menurut dia, kelulusan calon mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur tersebut akan ditentukan setelah verifikasi data akademik meliputi pemeriksaan rapor dan portofolio.

“Mereka yang dianggap melakukan kecurangan dalam pengisian rapor dan portfolio dibatalkan status kelulusannya dan sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan pada penerimaan jalur SNMPTN tahun berikutnya,” katanya.

Rektor Unsyiah menghimbau agar siswa dan pihak sekolah dapat mengisi dengan jujur dan benar semua data yang dituliskan di dalam PDSS, sebab jika ditemukan kecurangan akan digugurkan status kelulusannya.

Ia merincikan pengisian dan verifikasi PDSS dimulai 22 Januari sampai 08 Maret 2015, pendaftaran SNMPTN 13 Februari sampai15 Maret, proses seleksi 16 Maret sampai 8 Mei, pemgumuman hasil seleksi 9 Mei dan verifikasi di PTN tujuan 9 Juni.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015