Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mulai menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat dalam program mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar secara simbolis langsung menyerahkan bantuan perdana kepada masyarakat penerimanya pada acara peluncuran program bantuan tersebut di Gudang Bulog setempat di Takengon, Minggu.

"Harapan kita bantuan yang disalurkan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan pelaksanaan PPKM di Aceh Tengah juga dapat berjalan dengan efektif," kata Shabela Abubakar.

Baca juga: Bupati Shabela minta seluruh proyek pembangunan segera fungsional

Shabela mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin dalam melaksanakan aturan di masa PPKM dengan tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dan membatasi kegiatan di luar rumah serta menghindari kerumunan.

"Kalaupun harus keluar terapkan protokol kesehatan, selalu pakai masker, cuci tangan memakai sabun, dan jaga jarak," pesannya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Aceh Tengah Aulia Putra dalam hal ini menyampaikan penerima bantuan beras PPKM 2021 tersebut merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari program PKH dan juga para penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Dinas Sosial setempat.

Baca juga: Aceh Tengah kembali fungsikan Rumah Sakit Regional untuk tangani COVID-19

Sedangkan jumlah penerimanya kata dia seluruhnya mencapai 8.781 keluarga. Setiap keluarga akan menerima bantuan berupa 10 kilogram beras.

"Untuk Aceh Tengah sendiri penerima dari PKH berjumlah 5.444 orang, sementara penerima BST sebanyak 3.337 orang. Jadi jumlah total seluruh penerima sebanyak 8.781 KPM yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah," kata Aulia Putra.

Baca juga: Ini stok pasar murah di Aceh Tengah dan Bener Meriah

Aulia menjelaskan bantuan 10 kilogram beras tersebut adalah untuk satu bulan. Sedangkan untuk penyaluran selanjutnya kata dia masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

Namun untuk stok beras mendukung program bantuan ini kata dia hingga saat ini sudah tersedia dan dipersiapkan di gudang.

"Untuk mendukung pelaksanaan PPKM bulan ini, sedangkan untuk kedepannya kita akan tunggu petunjuk dari pusat, pun demikian stok beras sudah kita persiapkan dan tersedia di gudang," ujarnya.

Dalam kegiatan peluncuran bantuan tersebut juga hadir Pimpinan Perum Bulog Takengon, Suhadi.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021