Plt Bupati Bener Meriah Dailami menyebutkan sektor usaha kecil harus terus didorong untuk ikut membangun perekonomian daerah.

Untuk itu, Dailami meminta agar pemerintah daerah melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga perlu mempermudah izin usaha untuk ikut mendorong tumbuhnya sektor usaha kecil di daerah itu.

"Sebab izin usaha yang sulit akan melemahkan semangat masyarakat untuk berwirausaha," kata Dailami pada kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kemudahan Berusaha serta Upaya Pemantapan Pemahaman Usaha Yang Legal, Terbuka, dan Efesien dalam Meningkatkan Realisasi Investasi di Kabupaten Bener Meriah, Senin.

Dailami menuturkan dengan berkembangnya sektor usaha maka nantinya juga akan berdampak pada bertambahnya lapangan kerja di daerah itu.

Selain itu kata dia kemudahan izin usaha juga harus diberikan untuk semua sektor usaha termasuk investasi yang masuk ke daerah itu.

"Dengan banyaknya investasi dan usaha di daerah, pemerintah tidak harus disibukkan dengan masalah tak seimbangnya lapangan kerja dan angkatan kerja," tuturnya.

"Untuk itu saya meminta agar pengurusan izin tidak dipersulit, tapi harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku," ujarnya.

Sementara Kepala DPMPTSP Kabupaten Bener Meriah Ruh Akbar dalam hal ini menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 180 peserta dari kalangan pelaku usaha.

Tujuannya kata dia adalah untuk meningkatnya realisasi investasi modal di Kabupaten Bener Meriah sekaligus untuk mendorong meningkatnya jumlah pelaku usaha yang memiliki perizinan sehingga mempunyai legalitas usaha yang sah.

"Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari. Peserta kita bagi sebanyak 30 orang per hari," kata Ruh Akbar.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021