Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan semarak dan semangat peringatan HUT ke 76 Republik Indonesia  harus tetap semarak dan semangat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Perayaan HUT ke-76 RI ini masih dalam kondisi pandemi harus disesuaikan dengan aturan yang ada, jangan terlalu sepi tetapi juga jangan mengadakan kegiatan yang dapat menyebabkan kerumunan," kata Shabela Abubakar di Takengon, Selasa.

Ia menjelaskan pelaksanaan peringatan HUT RI tahun ini masih merujuk pada ketentuan dan petunjuk teknis dari Sekretariat Negara sebagai pedoman peringatan HUT RI di tengah pandemi.

Menurut dia puncak acara peringatan detik-detik Proklamasi HUT RI di Istana Merdeka Jakarta juga masih digelar secara virtual seperti tahun sebelumnya.

"Kita menyesuaikan pelaksanaannya sesuai Petunjuk Teknis dari Sekretariat Negara No.B-564/M/S/TU.00.04/07/2021, sebagai pedoman Peringatan Hut Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, dan juga kita sesuaikan dengan keadaan pandemi saat ini," kata Shabela.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Tengah Salman Nuri mengatakan dalam memerihakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia masyarakat telah diminta untuk mulai mengibarkan Bendera Merah Putih terhitung sejak tanggal 1 Juli s/d 31 Agustus 2021.

Ia mengatakan pengibaran bendera tersebut berdasarkan Surat Mendagri No.003.1/3743/SJ tanggal 30 Juni 2021 dan ditindaklanjuti melalui Surat Bupati Aceh Tengah No. 003.1/ 2207 /Pem, dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-76 RI tahun ini.

Ia menambahkan seperti tahun sebelumnya, pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti bertepatan pada pukul 10.17 WIB sampai dengan 10.20 WIB atau selama 3 menit (Detik-detik proklamasi), segenap masyarakat wajib menghentikan aktivitasnya sejenak," kata Salman Nuri.

Selain itu kata Salman untuk turut menyemarakkan HUT ke-76 RI tahun ini, masyarakat juga dapat mengakses beragam fitur menarik yang disajikan Rumah Digital Indonesia, mulai dari berinteraksi, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, melakukan lomba khas 17-an, hingga belanja produk lokal secara virtual.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021