Nelayan Lhok Calang mengeluhkan kondisi Pelabuhan PendaratanIkan (PPI) Lhok Calang di Gampong Panton Makmur Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya karena dangkal dan sempit sehingga boat nelayan sulit  bersandar.

 

"Kondisi dermaga kami masih sangat banyak kekurangan, selain dangkal, fasilitas dermaga pun belum ada," kata salah seorang pemilik boat pukat  Fauzi di Calang, Jumat.

 

Ia menjelaskan untuk boat kapasitas besar, pihaknya tidak bisa langsung bersandar  di dermaga Lhok Rigaih, tapi harus berlabuh di laut, tidak bisa langsung ke dermaga karena dangkal.

 

“Saat bongkar muat kita memerlukan boat kecil untuk sarana pengangkutan dan kalau di Dermaga Lhok Calang bisa langsung ke dermaga. Namun saat pasang surut, tidak bisa masuk untuk bersandar karena dangkal,” kata Fauzi.

 

Fauzi  mengatakan untuk saat ini boat pukat harus menunggu giliran bila ingin bersandar karena kondisi tempat bersandar yang kecil dan sempit.

 

"Ada empat boat yang bisa bersandar. Jika dermaga di dukung dengan fasilitas memadai, boat-boat pukat dari Banda Aceh dan Idi pasti akan ikut bersandar karena boat - boat tersebut juga ada yang mencari ikan di wilayah perairan Aceh Jaya," katanya

 

Fauzi menjelaskan jika tempat atau dermaga memadai juga akan menguntungkan bagi nelayan dan masyarakat Aceh Jaya karena nelayan dari luar daerah juga akan berlabuh di calang jika tidak mencapai target saat melaut.

 

Fauzi berharap Dermaga di Lhok Calang segera di bangun dengan kapasitas yang memadai sehingga para nelayan pun dengan mudah berlabuh. 

 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021