Rumah Sakit Hermina di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara membangun tenda darurat untuk perawatan pasien COVID-19, menyusul keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit tersebut sudah penuh.
 
"Kita di sini ada 60 tempat tidur untuk pasien COVID-19 termasuk ICU, sampai saat ini penuh," kata Manager Pemasaran Rumah Sakit Hermina Medan Hendrew, Senin.
 
Ia mengatakan bahwa peningkatan keterisian tempat tidur COVID-19 di rumah sakit itu sudah berlangsung kurang lebih satu bulan, akibat lonjakan kasus yang terjadi beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Satgas: Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Aceh Barat tinggi, capai 470 orang
 
Ia menyebut dalam sehari sebanyak 5 sampai 6 pasien COVID-19 yang dirujuk ke Rumah Sakit Hermina.

Untuk menangani kebutuhan BOR tersebut, kata dia, pihaknya membangun dua buah tenda darurat di halaman belakang rumah sakit itu.

"Perhari itu bisa 5-6 pasien itu waiting list, karena ruang perawatannya memang penuh. Karena waiting list penuh kita tidak mungkin membiarkan pasien terlantar, kita memutuskan untuk mendirikan tenda," katanya.

Baca juga: Aceh Utara paling tinggi penambahan pasien sembuh COVID

Ia mengatakan bahwa tenda darurat tersebut diperuntukkan untuk penanganan pasien COVID-19 dengan kondisi sedang hingga berat.
 
"Total ada sembilan tempat tidur di tenda ini," katanya.
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021