Sejumlah wilayah di hulu Kabupaten Aceh Tamiang dilanda banjir luapan sungai dipicu hujan deras yang menyebabkan satu jembatan beton di Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, ambruk. 

Camat Tenggulun Muhammad Dede Winatha dihubungi dari Kuala Simpang, Senin, mengatakan sejauh ini kondisi banjir masih aman belum sampai masuk ke permukiman penduduk.

"Dari pantauan di lokasi terdampak hanya sebatas air melintas akibat luapan sungai," kata Dede Winatha.

Lokasi terdampak banjir di wilayah Tenggulun, menurut M Dede Winatha, berada di Kampung Selamat atau ke arah lokasi pemandian air terjun Gunung Pandan.

"Dampak banjir agak besar ini, ada satu titik jembatan di Kampung Selamat ambruk. Ini malam kami terus memantau pergerakan air," pungkas Dede Winatha.

Petugas Tagana Kecamatan Tenggulun Al Hafiz Zulamri mengatakan jembatan yang ambruk berada di Dusun Pakel. Sedikitnya ada puluhan kepala keluarga terisolir akibat titi antardusun tersebut ambruk.

"Hingga pukul 19.30 WIB air banjir mulai menggenangi permukiman dengan ketinggian berkisar 10 hingga 30 centimeter," ujar Al Hafiz.

Sementara, Anggota Tagana Kecamatan Tamiang Hulu Supri mengakan banjir luapan sungai juga terjadi di Kampung Rongoh, Tamiang Hulu. Sejak pukul 17.30 WIB hujan telah mengguyur wilayah tersebut.

"Kalau ada kiriman air dari Sungai Kaloy kemungkinan permukiman warga Rongoh akan terendam malam ini. Saat ini saya cek belum masuk air," ujar Supri.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021