Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang menyatakan sebanyak 74 ribu dari 225 ribu jiwa warga di kabupaten itu sudah menerima vaksin COVID-19 guna mencegah penularan virus corona.

"Hingga saat ini, sudah 74 ribu warga menerima vaksin COVID-19 atau 33 persen dari 225 ribu orang sasaran vaksinasi di Kabupaten Aceh Tamiang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang Ibnu Aziz di Aceh Tamiang, Sabtu.

Ibnu Azis mengatakan jumlah warga yang sudah divaksin tersebut melebihi target provinsi. Pihaknya optimis sebelum Desember 2021, pencapaian vaksinasi di Kabupaten Aceh Tamiang bisa di atas 50 persen.

Menurut Ibnu Aziz, hanya saja kendala meningkatkan pencapaian vaksinasi tersebut ada pada persediaan vaksin COVID-19. Hingga kini, ada vaksin COVID-19 persediaannya habis.

Ibnu Aziz mengatakan persediaan vaksin yang tersisa di Dinas Kesehatan Aceh Tamiang hanya produk Moderna untuk dosis kedua yang jumlah sebanyak 2.000-an dosis. 

"Vaksin ini diperkirakan habis beberapa hari ke depan. Kami berharap ada pengiriman vaksin dari pemerintah provinsi, sehingga program vaksinasi tetap terus berjalan di Kabupaten Aceh Tamiang," kata Ibnu Aziz.

Terkait penularan dan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Aceh Tamiang, Ibnu Azis mengatakan tren positif COVID0-19 di kabupaten itu terus menurun. Bahkan, angka penularan nihil sejak beberapa hari terakhir.

"Nihilnya kasus harian COVID-19 di Aceh Tamiang selain gencarnya vaksinasi, juga semakin meningkatnya kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan," kata Ibnu Azis.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021