Meulaboh (ANTARA Aceh) - Sebagian masyarakat di Kecamatan Kaway XVI dan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dalam dua pekan terakhir mengalami krisis air bersih karena terjadi kerusakan pipa suplai air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh.

Direktur PDAM Tirta Meulaboh, Zuardi yang dihubungi di Banda Aceh, Selasa menyatakan upaya penanganan segera dilakukan karena air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus segera disikapi.

"Benar ada kerusakan pipa karena ada dilakukan pengerukan drainase oleh aparat desa, kerusakan ini terjadi karena tidak ada koordinasi dengan kita sehingga pipa utama bocor terkena kerukan beko (alat berat),"katanya.

Disampaikan melalui koordinator pengawas PDAM Tirta Meulaboh wilayah Kecamatan Kawai XVI, Said, selain karena kerusakan pipa adanya kemacetan air bersih perusahaan pihaknya juga mengalami krisis sumber energi pembangkit.

Kata Said, dalam sepekan terakhir kawasan setempat sering terjadi pemadaman arus listrik sehingga suplai air dari pusat distribusi pembangkit di Beureugang, Kaway XVI mengalami permasalahan sehingga debit ait sangat kecil.

Bukan hanya untuk kawasan Kawai XVI namun juga melanda sebagian wilayah perkotaan Meulaboh, akibat terbatasnya sumber daya energi listrik suplai air tidak dapat dinikmati semua pelangan.

"Bukan hanya di Kawai XVI tapi juga di sebagian rumah penduduk seputar Johan Pahlawan karena keseringan mati lampu. Keseringan pemadaman lampu membuat tekanan air tidak normal,"imbuhnya.

Meski demikian dengan adanya mensin pembangkit sumber energi cadangan sudah diupayakan pendistribusian air dapat segera teratasi, selain itu pihaknya juga akan memastikan tidak ada penyebab lain membuat tekanan debit air kecil.

Akibat tekanan air tersebut tidak normal sehingga menyebabkan sebagian rumah penduduk yang tidak menggunakan mesin penyedot air tidak mendapat suplai air walaupun untuk sesaat.

Hal itu juga menyikapi sejumlah laporan masyarakat bermukim di Desa Blang Beurandang Kecamatan Johan Pahlawan, dimana dalam dua pekan ini tidak mendapat suplai air bersih PDAM Tirta Meulaboh karena kejala teknis.

"Kemarin itu tim teknis kita sudah turun dan hari ini juga kita turunkan lagi untuk melakukan pengecekan, barang kali masih ada pipa yang tersumbat karena sejak perbaikan kemarin distribusi air sudah kembali normal,"katanya menambahkan.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015