Blangpidie (ANTARA Aceh) – Masyarakat Dusun Lama Muda, Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya),  meminta pemerintah melakukan pendaspalan jalan sepanjang 4 kilometer yang membahayakan warga yang melintasinya.

Amatan dilapangan, Senin (04/05), warga yang sedang melintasi jalan itu dengan mengunakan sepeda motor terlihat ekstra hati-hati menghindari kubangan yang berada di atas badan jalan agar tidak terpeleset dalam lubang.

“Apalagi saat musim hujan, berbahaya melintas dengan kendaraan disini, selain banyak lubang, air naik menutupi badan jalan,” ungkap Aminah warga desa setempat saat melintasi.

Makam Ilyas, ketua pembangunan desa setempat mengakui sudah beberapa kali mengusulkan agar jalan itu segera diperbaiki dan di aspal. Setiap rapat desa bahkan pada saat Musrembang Kecamatan sering di usulkan,  akan tetapi hingga kini belum ada tanda-tanda untuk direalisasikan.

“Waktu hujan, jalan ini bagaikan kubangan kerbau.  Lagipula jalan ini masih rendah, bila hujannya turun sampai 4 jam, air naik kepermukaan badan jalan tidak bisa kita lewati,” ungkapnya

Dia melanjutkan, semenjak Indonesia merdeka, belum pernah ada pembangunan aspal hotmix di desa ini, padahal disini, memiliki penduduk mencapai 120 kepala keluarga atau sekitar 484 orang yang terdaftar sebagai pemilih pada pilkada maupun pilpres.

“Sebenarnya desa ini termasuk yang tertua di Abdya, sejarahnya pun terkenal sampai ke luar negeri sana, tetapi itulah, kurang perhatian, jalan kesini saja masih banyak lubang,”kaluhnya

Kepada pemerintah, dia mengharapkan agar jalan tersebut  dapat segera diperbaiki dan di aspal. Selain untuk memudahkan masyarakat mengangkut hasil perikanan dan kelautan, juga untuk mempermudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke desa Lama Muda ini.

“kita harapkan pemerintah mau membangun aspal pada jalan yang tiap saat kami lintasi ini,” pintanya

Sementara, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Abdya, Pajri saat dikompirmasi di Blangpidie, mengatakan, pembangunan aspal hotmix pada jalan menuju Lama Muda menjadi prioritas Pemkab Abdya. Pada tahun 2015 ini lanjutnya, pembangunan jalan hotmix sudah mengarah ke wilayah kawasan tersebut.

Dia menjelaskan, untuk tahun ini pihaknya akan membangun sekitar 2 kilometer jalan hotmix mulai dari Desa Kuta Kuala menuju Dusun Lama Muda, sedangkan sisanya lagi akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2016 mendatang.

“Bertahap-tahap kita bangun, karena di desa lain juga butuh Aspal hotmix, jadi, pembangunannya kita bagi-bagi untuk pemerataan. Oleh karena itu, masyarakat Lama Muda harus bersabar, pasti kita realisasikan,” demikian Pajri Kabig Bina Marga Abdya.

Pewarta: Pewarta : Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015