Pendidikan usia dini atau raudhatul athfal mulai banyak diminati orang tua di Aceh Tamiang karena memberikan kurikulum berbasis islami.
 
"Menyekolahkan anak usia dini berbasis islami menjadi tren saat ini di Aceh Tamiang. Hal itu terlihat dari banyaknya sekolah raudhatul Athfal yang muncul," kata Dewan Pembina Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Aceh Tamiang Erawati Is di Aceh Tamiang, Minggu
 
Saat ini menurut data IGRA, jumlah raudhatul athfal di Kabupaten Aceh Tamiang mencapai 40 sekolah tersebar di 12 kecamatan. Status sekolah tersebut terdiri 38 terakreditasi dan dua belum. Sedangkan jumlah anak didik mencapai 1.200 murid
 
"Sekolah religi ini dipilih karena mengajarkan pendidikan agama, norma dan akhlak. Ini merupakan daya tarik raudhatul athfal dengan kurikulum lebih banyak mengajarkan tentang ilmu agama dari pada ilmu pendidikan umum," ujar Erawati.
 
Bahkan, kata Erawati beberapa raudhatul athfal memasukkan kurikulum hafalan juz 30, sehingga banyak orang tua melirik raudhatul athfal untuk pendidikan dini anak-anak mereka.
 
Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang Sutiyah mengakui secara langsung terjadi kompetisi antara raudhatul athfal dengan taman kanak-kanak. 
 
"Tentunya juga memunculkan persaingan sehat dalam pelayanan pendidikan dan menuntut peningkatan kualitas serta menonjolkan kelebihannya," kata Sutiyah.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021