Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak semua pihak untuk menjadikan maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum bangkit dari pandemi COVID-19. 

"Saya mengajak umat islam di Aceh agar selalu bermunajat dan memohon pertolongan Allah agar diberi kekuatan segera pulih dan bangkit dari pandemi COVID-19," kata Nova Iriansyah dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Keistimewaan, SDM dan Hubungan Kerjasama Bukhari, di Banda Aceh, Senin malam.

Sambutan Gubernur Aceh tersebut dibacakan Bukhari pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah, di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Bukhari menyampaikan, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini masih sama dengan tahun sebelumnya dalam pandemi COVID-19 yang telah berdampak pada seluruh dimensi kehidupan.

Kata Bukhari, momentum maulid ini sangat penting untuk mengambil pelajaran dari kelahiran manusia
yang paling mulia. Hakikat peringatan ini sebagai wujud kecintaan kepada Rasulullah.

"Keteladanan dari sosok Nabi Muhammad sebagai uswatun hasanah, role model, contoh dengan akhlakul karimah adalah sesuatu yang wajib kita ikuti," ujarnya.

Bukhari mengatakan, salah satu akhlak terbaik yang ditunjukkan Rasulullah dalam kehidupannya adalah aspek kesalehan sosial yaitu kepedulian pada lingkungan dan masyarakat sekitar. 

Menurut Bukhari, semangat dan kepedulian terhadap sesama yang dicontohkan Nabi Muhammad harus menjadi semangat umar muslim di masa pandemi sekarang ini. Karena COVID-19 tidak bisa dihadapi secara individual atau bahkan oleh pemerintah saja, melainkan dengan ikhtiar dan kebersamaan.

"Kita patut bersyukur, karena sejak pandemi melanda, khususnya di Aceh, kita dapat menyaksikan bagaimana masyarakat dengan tulus saling membantu secara ikhlas membagikan sebagian rezekinya untuk meringankan beban saudara yang kesusahan," kata Bukhari.

Sebagai orang yang beriman, lanjut Bukhari, semuanya harus mengambil hikmah dari setiap kejadian dan berbagai ciptaan Allah SWT, karena dengan meyakini maka akan ada hikmahnya, tidak ada yang sia-sia.

"Nabi Muhammad telah memberikan pesan dan pelajaran penting kepada kita semua, bahwa bagaimanapun beratnya ujian yang sedang kita hadapi, dengan ikhtiar dan doa, Allah akan melindungi dan menyelamatkan kita semua," demikian Bukhari.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021