Pemerintah Kabupaten Simeulue, Aceh, melalui Dinas Kesehatan menerima kedatangan 7.200 dosis vaksin COVID-19  Sinovac yang dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Aceh

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Dimas Etika Putra di Simeulue, Selasa, mengatakan vaksin tersebut dikirim melalui jalur laut menggunakan kapal fery.

Vaksin ini untuk memenuhi kebutuhan dosis vaksin kepada masyarakat. Vaksin COVID-19 ini disimpan di ruang pendingin milik Dinas Kesehatan," kata Dimas Etika Putra.

Dimas Etika Putra mengatakan vaksin tersebut segera disalurkan ke-14 puskesmas di sepuluh kecamatan di Kabupaten Simeulue serta rumah sakit umum untuk segera diberikan kepada masyarakat yang belum menerima vaksinasi.

"Vaksinasi akan terus dilakukan hingga masyarakat di Simeulue mendapatkan vaksin COVID-19. Apalagi antusias masyarakat Kabupaten Simeulue mengikuti vaksinasi cukup tinggi," kata Dimas Etika Putra. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Simeulue mengajukan pengiriman vaksin COVID-19 karena persediaan yang ada mengalami kekosongan.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Simeulue Farhan mengatakan akibat kekosongan persediaan vaksin menyebabkan vaksinasi kepada warga di kabupaten kepulauan itu terhenti.

"Untuk sementara waktu, pelayanan vaksinasi kepada masyarakat terhenti menunggu pengiriman vaksin dari Banda Aceh ke Simeulue," kata Farhan menyebutkan.

Farhan mengatakan persediaan vaksin yang kosong tersebut untuk jenis Sinovac. Sedangkan vaksin jenis Moderna, kendati persediaan masih ada, namun jumlahnya terbatas ada di gerai vaksinasi tertentu saja.

Menyangkut capaian vaksinasi di Kabupaten Simeulue, Farhan mengatakan warga yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 29.766 orang atau sebesar 41,6 persen. 

Sementara, dosis dua sebanyak 9.455 orang, atau sebesar 13,2 persen dari total penduduk Simeulue telah divaksin. Sedangkan sasaran vaksinasi di Kabupaten Simeulue sekitar 78 ribuan orang

"Tidak ada kendala dalam proses vaksinasi. Vaksinasi dilakukan di 14 puskesmas, rumah sakit daerah, klinik kepolisian dan Pangkalan TNI AL," kata Farhan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki delapan kecamatan dengan 135 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021