Asisten II Setda Aceh Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Mawardi mengingatkan rekanan dapat mematuhi komitmen untuk menyelesaikan pembangunan proyek tahun jamak sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Pengerjaan fisik pembangunan telah selesai hingga mencapai 8,99 persen dari target 18,7 persen untuk pembangunan tahun 2021. Masih tersisa 9,07 persen,” kata Mawardi di sela-sela meninjau progres pembangunan Jalan Peureulak-Lokop-Batas Gayo Lues, Kamis..

Ia menjelaskan pihak rekanan memiliki waktu hingga akhir November untuk menyelesaikan komitmennya sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Pembangunan jalan segmen tersebut, dikerjakan oleh PT. Sumber Sari – Medan Smart, dengan pagu anggaran Rp 172,89 miliar.

Pengerjaan dengan skema tahun jamak tersebut dimulai per April 2021 hingga target selesai pada akhir Desember 2022.

Mawardi mengatakan akan ada teguran jika pembangunan yang dilakukan tidak selesai dengan target yang telah ditetapkan.

Karena kondisi cuaca sedang musim penghujan, rekanan haruslah memastikan agar semua peralatan dan material tersedia.

“Apapun target (yang telah disusun), Saya minta harus terpenuhi. Termasuk sudah dengan pertimbangan faktor cuaca dan peralatannya,” kata Mawardi.

Dalam tinjauan di lapangan, diketahui jika sampai awal November ini, rekanan telah menyelesaikan di antaranya pengerasan Base A sepanjang 2,7 kilometer dari target 31,5 kilometer. Sementara pengerasan pada Base B telah selesai dilakukan sepanjang 10,8 kilometer dari target 31,5 kilometer.

Rekanan berkomitmen untuk menyelesaikan pengerasan Base A di akhir Oktober 2021 ini. Komitmen mereka adalah menyelesaikan pengerasan Base A sepanjang 11 kilometer dari 40 kilometer.

Selanjutnya adalah pengerasan urpil 9 dari 31,5 kilometer, TPT 1,200 meter dari 3.250 meter, galian drainase 4.800 M3 dan galian biasa sepanjang 28.000 M3 dari target 47.607,03 M3.

Untuk merealisasikan komitmen itu, rekanan menegaskan bahwa mereka akan mempercepat keluarnya surat rekomendasi dan modifikasi batching plant serta akan menambahkan beberapa unit grader.

Mawardi juga meninjau pembangunan jalan segmen 3. Pembangunan jalan tersebut dilakukan oleh PT. Wanita Mandiri Perkasa.

Jalan sepanjang 30kilometer itu juga dibangun dengan skema tahun jamak dengan pagu anggaran Rp 204,23 miliar.

Pembangunan Jalan dimulai sejak 9 September lalu, dengan target selesai pada 20 Desember 2022.

Saat ini, pembangunan fisik telah mencapai 0,53 persen dari target 0,79 persen hingga akhir tahun 2021.

“Saya minta rekanan yang mengerjakan proyek pada Segmen 3, untuk bekerja sesuai dengan target yang telah disusun,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021