Kota Banda Aceh masuk dalam nominasi 11 kota kreatif Indonesia pada program kabupaten/kota (KaTa) kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2021.

"Tahap awal sudah kita lalui, dan kita optimis Banda Aceh akan menjadi kota kreatif Indonesia tahun ini," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, di Banda Aceh, Minggu.

Aminullah mengatakan, Banda Aceh berhasil ke babak ini setelah melalui beberapa tahapan seleksi, dirinya berharap dapat masuk ke tahap utama hingga menjadi kota kreatif Indonesia. 

"Banda Aceh akan menjadi kota kreatif dilihat dari berbagai ekosistem dalam subsektor ekonomi seperti kuliner, fashion hingga pertunjukan," ujarnya. 

Aminullah segera memaparkan kriteria kota kreatif yang akan dinilai dalam rapat persiapan oleh tim komite ekonomi kreatif pekan depan secara virtual sebagai seleksi tahap akhir.

Kepada tim komite, lanjut Aminullah, dirinya bakal menjelaskan mulai dari kekuatan kolaborasi aktor dan subsektor, tata kelola dan deskripsi proses produksi.

"Kita juga sampaikan bagaimana tata kelola kebijakan pemerintah terkait ekonomi kreatif, manfaat ekonomi, ketahanan sosial budaya dan lingkungan," kata Aminullah.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga mengapresiasi dinas terkait yang terus konsisten mempersiapkan segala kelengkapan guna memenuhi persyaratan penilaian pada program KaTa kreatif Indonesia 2021 tersebut. 

Untuk diketahui, selain Banda Aceh, 10 daerah lainnya yang masuk nominasi KaTa kreatif ini antara lain Kabupaten Wakatobi, Wonosobo, Karanganyar, Banjarnegara, Tanah Datar, Kota Pekalongan, Cimahi, Salatiga, Ambon, dan Kota Bandung.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021