Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 6.420 peserta calon mahasiswa baru akan mengikuti seleksi masuk ke Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2015.

Ujian yang dilaksanakan serentak tersebut akan berlangsung pada 23 dan 24 Juni 2015 di beberapa tempat di Darussalam, Banda Aceh.

"Ujian ini berlangsung secara nasional termasuk UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh," kata Rektor UIN Ar-Raniry Prof H Farid Wajdi Ibrahim di Banda Aceh, Senin.

Ia menyebutkat sebanyak 6.420 lulusan SMA/Sederajat akan bersaing untuk memperebutkan 2.400 kursi yang tersedia di UIN Ar-Raniry melalui jalur tersebut.

Rektor menambahkan, UIN Ar-Raniry tahun 2015 ini menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur yakni seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) dengan menampung 40 persen dari total yang diterima UIN tahun 2015.

Selanjutnya jalur UM-PTKIN menerima mahasiswa baru sebanyak  40 persen dan jalur kertiga melalui penerimaan mahasiswa baru (PMB) Lokal yang akan dilaksanakan setelah pengumuman lulus UM-PTKIN dengan kuota 20 persen.

Sementara itu Wakil Rektor I Dr H Muhibbuthabry mengatakan pada hari pertama peserta diberikan meteri uji antara lain tes potensi akademik, kebahasaan dan keislaman.

Adapun beberapa tempat ujian itu diantaranya  Auditorium Ali Hasjmy,Museum UIN Ar-Raniry, Pascasarjana UIN, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan gedung A, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, serta tiga lokasi di luar kampus yaitu SMAN5 Darussalam, MAN Rukoh dan MAN Tungkop.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015