Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara mencatat sebanyak 99.953 dari sasaran 485.858 orang di daerah itu telah mendapatkan vaksin COVID-19 tahap pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin di Aceh Utara, Selasa, mengatakan hingga Senin (22/11) kemarin, untuk dosis pertama sudah mencapai 20,6 persen.

"Sedangkan warga yang sudah menerima vaksinasi dosis kedua sebanyak 40.389 orang atau 8,3 persen dari sasaran 485.858 orang," kata Amir Syarifuddin.

Amir Syarifuddin menyebutkan adapun target sasaran vaksinasi vaksin COVID-19 yakni kepada kelompok tenaga kesehatan, masyarakat lanjut usia, pelayanan publik, masyarakat umum, dan remaja.

"Sementara, untuk vaksin COVID-19 dosis ketiga yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan sudah mencapai 2.214 orang," kata Amir Syarifuddin menyebutkan. 

Amir Syarifuddin mengatakan saat ini Dinas Kesehatan Aceh Utara sudah mulai kehabisan persediaan vaksin. Namun demikian, persediaan vaksin di setiap puskesmas masih dalam kategori mencukupi 

"Persediaan vaksin di Dinas Kesehatan sejak kemarin sudah habis. Kami sudah mengusulkan ke provinsi untuk penambahan vaksin. Mungkin dalam waktu dekat ini sudah tersedia kembali," kata Amir Syarifuddin.

Amir Syarifuddin mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara bersama TNI dan Polri terus berkomitmen untuk percepatan target vaksinasi, sehingga capaian kekebalan kelompok bisa terwujud.

Oleh karena itu, Amir Syarifuddin mengajak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin COVID-19 agar segera memanfaatkan program vaksinasi yang kini masih berlangsung.

"Kami terus mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi vaksin COVID-19. Vaksinasi ini merupakan ikhtiar mengakhiri pandemi COVID-19," kata Amir Syarifuddin.

Amir Syarifuddin mengatakan vaksin COVID-19 aman dan halal digunakan. Bahkan vaksinasi sudah terbukti sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap COVID-19.

"Kepada masyarakat mari ikut menyukseskan program vaksinasi nasional sebagai bentuk ikhtiar melawan pandemi COVID-19 dengan mendatangi gerai vaksin yang tersedia di daerah masing-masing," kata Amir Syarifuddin.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021