Langsa (ANTARA Aceh) - Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Langsa H Deddy Azwarsyah menyatakan geliat usaha masyarakat meningkat disaat bulan ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri.

Dengan meningkatnya kewirausahaan akan terjadi peningkatan ekonomi masyarakat. Hal itu dikatakan Deddy disela persiapan buka puasa dan santunan kepada anak yatim yang dilaksanakan pihaknya di aula gedung KNPI Jl Ahmad Yani, Langsa, Sabtu (4/7).

Menurut dia, geliat ekonomi terlihat dari aktivitas perdagangan yang terjadi selama ramadhan 1436 H. Suasana pasar yang ramai pembeli kendati sejumlah harga bahan pokok naik merupakan suatu pertanda adanya putaran uang yang tinggi di tengah masyarakat Langsa.

Begitu pula di pusat pertokoan, warga tumpah ruah untuk mencari kebutuhan sandang menghadapi lebaran nanti. "Ini pertanda baik. Sektor dunia usaha.bergeliat," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya,  kendati bersifat musiman seperti pedagang kue menu berbuka puasa tetap laris manis. Hal yang sama pada sejumlah usaha kecil lain yang bisa melakukan usahanya dengan baik.

Kondisi seperti ini seharusnya tidak hanya pada bulan puasa dan jelang lebaran saja. Akan tetapi terus berlanjut.

Pemerintah, sambung dia, hendaknya bisa mendorong pelaku dunia usaha agar terus eksis dengan memberikan tambahan modal usaha.

"Pemerintah punya andil dalam menciptakan kondisi usah yang kondusif dan berdaya saing," papar Deddy.

Dia berharap pedagang musiman usai ramadhan dan idul fitri bisa tetap eksis berusaha. Pemerintah harus merekonstruksi pola usaha masyarakat. Misalnya, pedagang minuman dan makanan ringan yang ada bisa dikondisikan lokasi objek wisata sebagai bagian dari wisata kuliner.

Pun demikian, dia sangat yakin tanpa adanya kemauan yang kuat dari pelaku usaha tidak akan berhasil pula apa yang di canangkan pemerintah.

Sementara, terkait kegiatan sosial buka puasa bersama dan santunan kepada anak yatim yang sedang dipersiapkan pihaknya adalah bentuk solidaritas anak muda yang berwirausaha terhadap sesama yang membutuhkan.

"Ini solidaritas, memupuk silaturrahmi dan mempertebal keimanan di bulan suci ini," sebutnya seraya menambahkan sebelum berbuka nanti akan diisi dengan tausiah yang disampaikan Tgk Muhammad Nurdin.

Pewarta: Pewarta : Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015