Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat bersama tim gabungan memadamkan kebakaran lahan gambut di Dusun Ujong Beurasok Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Mashuri, Kamis malam di Meulaboh mengatakan berdasarkan informasi yang diterima petugas dari masyarakat, sumber api diduga muncul di salah satu lahan warga di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Karena kondisi cuaca terik panas matahari dan angin berhembus sangat kencang di lokasi kejadian, api merambat dengan cepat ke lokasi lahan kosong milik warga lainnya.

Petugas BPBD Aceh Barat yang mendapatkan informasi kebakaran lahan, kemudian bergegas menuju ke lokasi kejadian guna memadamkan titik api.

Pihaknya juga mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran serta mesin pompa air guna memudahkan upaya pemadaman oleh petugas di lokasi kejadian.

Upaya pemadaman juga melibatkan sejumlah pihak seperti prajurit TNI dari Kodim  0105 Aceh Barat, Polsek Johan pahlawan, personel Koramil Johan Pahlawan, relawan RAPI, ORARI, petugas Kesatuan Pengawasan Hutan (KPH) wilayah IV Aceh, serta masyarakat.

Mashuri juga menjelaskan dalam musibah ini tidak ada warga dan aset masyarakat yang terbakar.

“Untuk penyebabnya saat ini dalam penyelidikan pihak berwajib, sedangkan luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 800 meter,” kata Mashuri.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021