Bank Syariah Indonesia (BSI) menyatakan siap membina dan membantu UMKM yang belum mendapat bantuan pinjaman dari perbankan.

“Artinya, kita akan memanfaatkan dana sosial yang kita miliki untuk membantu para UMKM yang belum mendapatkan bantuan pembiayaan dari bank,” kata Direktur Utama BSI, Hery Gunardi di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meluncurkan UMKM Center BSI di Banda Aceh dalam upaya menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mendapatkan pelatihan, pembinaan, pembiayaan hingga membantu proses pemasaran produk.

Ia menjelaskan UMKM yang selama ini belum mendapat akses perbankan karena dinilai belum Bankable akan diberikan pinjaman yang nantinya juga akan dikembalikan oleh para pelaku usaha.

“Tentu ini merupakan bagian merangsang mereka dan nantinya setelah mereka tumbuh akan diarahkan ke pembiayaan bank,” katanya.

Menurut dia UMKM yang dihadirkan di Banda Aceh tersebut akan melatih dan membina para pelaku usaha baik dari pembiayaan, pelatihan hingga pemasaran.

Pihaknya optimistis UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi di berbagai kawasan khususnya Aceh akan terus bangkit seiring pembinaan yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Kami membuka kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk bergabung dengan kami,” katanya.

Ia menambahkan untuk memperluas akses, pihaknya juga akan menambah dua lagi UMKM Center di Aceh sehingga akan mengkaver pelaku UMKM di kabupaten/kota lainnya di seluruh Aceh.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud, Staf Ahli Gubernur Aceh, Iskandar Syukri, Direktur Retail banking BSi , Kokok Alun Akbar, CEO BSI Regional Aceh, Wisnu Sundar., Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani dan Kepala OJK Aceh, Yusri.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021