Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mendorong pemerintah daerah di Provinsi Aceh mengoptimalkan pemanfaatan aset guna meningkatkan pendapatan daerah.

Kepala Kemenkeu RI Perwakilan Aceh Safuadi di Banda Aceh, Rabu, mengatakan selama ini banyak aset pemerintah daerah tidak dimanfaatkan dengan optimal, sehingga belum memberi pendapatan bagi daerah.

"Padahal, aset-aset tersebut dibangun untuk menjadi sumber pendapatan daerah. Namun, tidak sedikit aset yang dibiarkan begitu saja, sehingga tidak memberi pemasukan bagi daerah," kata Safuadi.

Safuadi yang juga Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Provinsi Aceh mengatakan Aceh masuk kategori daerah yang belum mandiri secara keuangan 

Pendapatan daerah masih belum mampu membiayai diri sendiri. Pembiayaan masih tergantung alokasi anggaran dari pemerintah pusat, kata Safuadi menyebutkan.

Oleh karena itu, kata Safuadi, pihaknya terus mendorong pemerintah daerah mengoptimalkan aset yang ada untuk mendongkrak pendapatan daerah. 

Selain itu, kata Safuadi, pihaknya mendorong pemerintah daerah di Aceh membangun infrastruktur penunjang bisnis. Selama ini, infrastruktur penunjang bisnis di Aceh belum memadai.

"Belum memadai infrastruktur penunjang bisnis tersebut menyebabkan potensi yang ada tidak bisa dioptimalkan. Infrastruktur tersebut seperti gudang pendingin, gudang penyimpanan, dan lainnya," kata Safuadi.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022