Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Sabang mendapat pembekalan singkat terkait trik dan tips dalam membuat foto produk yang menarik, yang diprakarsai Rumah BUMN Telkom Sabang.

Koordinator CDC Witel Aceh Hamdani, Jumat, mengatakan pembekalan itu merupakan pelatihan tahap awal dalam membantu membangkitkan ekonomi pelaku UMKM di Kota Sabang, pasca terdampak pandemi COVID-19.

"Ke depannya pelatihan seperti ini akan kita adakan setiap bulan jika memungkinkan. Dengan kegiatan ini, diharapkan ekonomi masyarakat akan lebih bangkit dan pelaku UMKM di Sabang bisa lebih kreatif memasarkan produknya dengan inovasi yang menarik, khususnya melalui foto produk," kata Hamdani.

Sementara itu, Fasilitator Rumah BUMN Sabang, Nadya menjelaskan terdapat beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam pengambilan foto produk, di antaranya penempatan produk, pengaturan cahaya dan pemilihan latar belakang atau background yang tepat.

"Selain itu, aksesoris pendukung dan teknik pengeditan foto juga menjadi hal yang harus diperhatikan," kata Nadya.

Kemudian, dia melanjutkan, pemilihan tempat untuk foto termasuk bagian yang penting, foto produk bisa dalam ruang (indoor) maupun luar ruang (outdoor).

"Hari ini kita fokusnya ke foto produk di studio atau indoor menggunakan alat dan bahan di sekitar lingkungan saja seperti bunga," katanya.

Para pelaku UMKM di Sabang juga dapat mendatangi Rumah BUMN untuk mendapat bimbingan dalam mengemas produk. 

"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berkesan bagi para peserta yang mayoritasnya ibu-ibu pemilik UMKM. Serta ilmu yang sudah dipelajari dapat terus dipraktekkan hingga hasilnya mampu meningkatkan nilai jual dari produk masing-masing," katanya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022