Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyatakan uji kompetensi yang diikuti sebanyak 27 pejabat eselon II/b di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam upaya menempatkan pengisian jabatan dengan pertimbangan kesesuaian antara kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

"Artinya, uji kompetensi ini akan mencerminkan jati diri serta kemampuan para pejabat dalam mengemban tugas dan tanggungjawab yang akan dipercayakan oleh pimpinan," kata Shabela Abubakar di Takengon, Jumat.

Ia menjelaskan setiap para pejabat tinggi pratama tersebut harus dapat mengikuti seluruh tahapan assesment dengan sungguh-sungguh karena akan menjadi tolak ukur kemampuan mengamban tugas dan tanggungjawab.

"Selaku pimpinan daerah kami wajib melakukan uji kompetensi terhadap perangkat daerah. Kami ingin melihat bagaimana kinerja perangkat daerah dalam menerjemahkan visi misi Bupati-Wakil Bupati serta tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat daerah," katanya.

Shabela mengatakan selain mekanisme penulisan makalah, pengisian kuisioner, dan penelusuran rekam jejak jabatan, para pejabat daerah tersebut juga akan melalui penilaian khusus terkait komitmen, loyalitas, dan dedikasi.

"Pengisian jabatan yang kita lakukan dengan pertimbangan kesesuaian antara kualifikasi, kompetensi, dan kinerja serta dihubungkan dengan job yang ada secara transparan, objektif, kompetitif, dan akuntabel," kata Shabela.

ia menambahkan hasil uji kompetensi yang diikuti sebanyak 27 peserta tersebut akan mencerminkan jati diri serta kemampuan para pejabat dalam mengemban tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan pimpinan.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022