Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Tim Search and Rescue (SAR) Aceh dibantu personel Polisi Air Polda Aceh mengevakuasi seorang anak buah kapal kargo berbendera Panama yang mengalami cedera tangan.

Evakuasi berlangsung di Selat Benggala, perairan antara Pulau Weh dan Pulau Aceh atau sekitar 10 mil laut dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Selasa.

Korban bernama Nguyenduc Chiench, warga negara Vietnam. Korban merupakan anak buah kapal kargo MV Seward. Kapal tersebut berangkat dari India ke Tiongkok.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Banda Aceh Ibnu Haris Al Hussain mengatakan korban dievakuasi dalam kondisi lemas karena cedera di tangan akibat kecelakaan kerja.

"Korban syok karena kejadiannya sudah beberapa hari. Setelah berhasil dievakuasi ke daratan, korban langsung dibawa ke sebuah rumah sakit di Banda Aceh guna mendapat perawatan medis," kata dia.

Ibnu Haris menyebutkan insiden menimpa korban terjadi pada 18 Oktober 2015. Saat itu, posis kapal tempat bekerja korban berada sekitar 400 mil laut dari Pelabuhan Ulee Lheue.

Setelah terjadi insiden, kata dia, kapten MV Seward melaporkannya ke Kantor SAR Tanjung Pinang, lalu meneruskannya ke Kantor SAR Banda Aceh.

"Dari informasi tersebut, kami menurunkan tim evakuasi dan berkoordinasi terkait titik penjemputan. Dan akhirnya, tim SAR dan Polisi Air Polda Aceh berhasil mengevakuasi korban," kata Ibnu Haris Al Hussain. 

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015