Sebanyak 24 siswa kelas satu jurusan Agribisnis Tanaman, Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian(SMK-PP) Negeri Saree Aceh melaksanakan field trip ke Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang, Selasa (8/3).

Guru SMK-PP Negeri Saree Aceh Muhammad Nasir mengatakan field trip itu merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan terkait pertanian sekaligus mendukung proses belajar siswa.

"Alhamdulillah tahun ini berkesempatan untuk ke Sabang, dan disambut baik oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang,” kata Muhammad Nasir.

Selama di Kota Sabang, pihaknya menyambangi Cokelat Kilometer Nol (Cokinol) Sabang untuk melihat proses pembuatan cokelat khas Sabang secara langsung.

“Kualitas cokelat yang di olah di Cokinol ini sangat enak apalagi cokelat lelehnya, kualitasnya sangat bagus," kata Nasir.

Sebelum ke Cokinol, pihaknya berkunjung ke kebun cokelat milik Abdullah, para siswa juga dapat melihat proses fermentasi biji cokelat.  Fermentasi diperlukan untuk menjaga kualitas cokelat, sehingga hasil produk cokelat akan menjadi lebih bagus.

"Banyak sekali hal yang Kami dapatkan dengan field trip ke Kota Sabang yang merupakan kota argowisata ini, termasuk kunjungan ke Cokinol. Semoga ke depan sinergi antara SMK-PP Saree dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang akan terus berlanjut," katanya.

Sementara itu, Pengelola Cokinol Melan Meta Diansyah mengaku sangat senang mendapatkan kunjungan dari SMK-PP Negeri Saree Aceh. Ia turut menjelaskan semua proses pengolahan cokelat di Cokinol Sabang hingga menjadi sebuah produk olahan.

"Saya menjelaskan terkait proses pengolahan cokelat di Cokinol, mulai dari proses sangrai, pengupasan, menjadikan pasta, mencetak cokelat, pembekuan hingga mengemas cokelat yang sudah jadi semenarik mungkin. Semoga cokelat yang berasal dari petani kokoa Sabang ini dapat menjadi oleh-oleh khas Sabang untuk dibawa pulang wisatawan," katanya.

Tidak hanya ke Cokinol, peserta field trip yang Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang juga mengunjungi kebun Salak Sabang. Selain itu para pelajar juga berkunjung ke Museum Sabang dan Kilometer Nol Sabang.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari/Khalis

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022