Bireuen (ANTARA Aceh) - Universitas Almuslim Peusangan Bireuen mewisudakan Sarjana dan Ahli Madya, Sabtu (19/12/2015) di Aditorium Akademic Center (ACC) Ampon Chik Peusangan, Bireuen.

Jumlah wisudawan sarjana dan ahli Madya Umuslim Peusangan Bireuen Angkatan XXVI Tahun 2015 yang menjalani prosesi wisuda selama tiga hari (19-21 Desember 2015) berjumlah 1786.
     
Pada acara wisuda tersebut juga diisi orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof.Dr.Aris Ananta, Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Prof Arif mengatakan kepada pengurus Universitas Almuslim diharapkan untuk terus melakukan penyempurnaan sarana dan prasarana serta penguatan sumber daya manusia, juga melaksanakan pendidikan sesuai dengan undang-undang yang berlaku," kata Aris.
    
Gubenur Aceh diwakili Asisten 1 Pemerintah Aceh H Muzakar Agani antara lain mengatakan suatu kebanggaan sebuah universitas swasta di kabupaten Bireuen mampu mencetak lulusan sarjana. Terlebih Universitas Almuslim terbukti mampu meraih prestasi di tingkat regional, nasional dan Internasional.
    
"Lulusan universitas diharapkan akan mampu mandiri dan menyediakan lapangan kerja dengan skill yang dimiliki, sehingga secara tak langsung dapat berimbas pada upaya pemerintah menurunkan jumlah angka kemiskinan di Aceh, sebab Aceh sejauh ini termasuk daerah yang penduduk miskinnya masih relatif tinggi, Pemerintah Aceh telah melaksanakan sejumlah program untuk upaya menurunkan angka kemiskinan," kata Muzakar

Rektor Universitas Almuslim Dr Amiruddin Idris SE M.Si mengatakan penduduk Aceh yang saat ini mencapai lebih dari 5 juta jiwa dengan kekayaan alam berlimpah mestinya mempunyai daya saing yang kuat dibidang SDM. Kenyataannya, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) 2014, Peringkat Indexs pembangunan manusia atau Human Development Index ( HDI) di Provinsi Aceh yang antara lain daiukur melalui capaian dari sisi pendidikan, masih menduduki peringkat ke 11 di Indonesia.

Rektor juga mengatak universitas yang dipimpinnya itu kini telah meluluskan 20 ribu lebih lulusan. Mahasiswa yang aktif kuliah di sejumlah fakultas mencapai 7 ribu lebih di 6 fakultas.

Dengan rincian wisudawan/i , Fakultas Pertanian berjumlah 163 orang, Fakultas Teknik, 36 orang, Fakultas Ilmu Komputer, 154 sarjana, Fakultas Ekonomi,116 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 71 orang.Selanjutnya Program Diploma III Kebidanan, 131 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (KIP), 1115 orang.

Pewarta: Pewarta : Yudi Wbc

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015