Kepolisian RI Daerah (Polda) dan jajaran meningkatkan patroli di pemukiman penduduk, terutama rumah yang ditinggal mudik guna mencegah kejahatan.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Jumat, mengatakan patroli dilakukan bersifat preemtif dengan mengedepankan imbauan dan pendekatan serta preventif atau pencegahan.

"Patroli pengamanan yang ditingkatkan ini untuk mencegah kriminalitas di pemukiman penduduk, terutama yang rumahnya ditinggal mudik," kata Kombes Pol Winardy.

Selain patroli di pemukiman penduduk, kata Kombes Pol Winardy, kegiatan serupa juga menyasar titik-titik dianggap rawan kejahatan, terutama pada malam hari.

Menurut Kombes Pol Winardy, peningkatan patroli tersebut merupakan kegiatan rutin dilaksanakan menjelang perayaan hari hari raya dan masuk dalam target Operasi Ketupat Seulawah 2022.

"Peningkatan patroli itu berpedoman pada eskalasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban di lapangan pada hari besar keamanan. Pedoman ini mendukung pelaksanaan operasi ketupat yang dilaksanakan khusus untuk pengamanan lebaran," kata Kombes Pol Winardy.

Kepada warga yang mudik, Kombes Pol Winardy mengingat untuk memastikan meninggalkan rumah dalam keadaan aman dan menitipkan kepada tetangga yang tidak pulang kampung.

"Pastikan listrik juga dalam kondisi aman, cabut semua colokan dan gunakan lampu seperlunya untuk penerangan. Bila ada kendala segera hubungi kepolisian terdekat," kata Kombes Pol Winardy.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022