Penumpang bus di Terminal Tipe A Batoh dari Banda Aceh menuju Sumatera Utara dan sejumlah daerah lain masih terpantau normal pada puncak arus balik lebaran Idul Fitri 1443 Hijrah dalam dua hari ini.

Kepala Terminal Batoh Banda Aceh Heriyanto di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan pada puncak arus balik lebaran ini belum ada lonjakan penumpang. Warga yang berangkat dari terminal itu hanya sekitar 500-600 orang per harinya.

“Saat ini masih normal seperti biasa. Belum ada kenaikan seperti H-2 dan H-1 lebaran kemarin yang mencapai ribuan orang per harinya. Jadi belum ada lonjakan arus balik di terminal kita,” kata Heriyanto.

Ia menjelaskan lonjakan penumpang yang berangkat dari Banda Aceh akan terjadi pada saat wisatawan yang berlibur ke Sabang kembali ke daerah masing-masing.

Diperkirakan puncak arus balik wisatawan tersebut akan terjadi dalam dua hari ini, pada Sabtu dan Minggu malam.

“Untuk terminal kita saat arus balik ini, kalau pengunjung dari Sabang belum balik arah ke tempatnya masing-masing ini belum ada kenaikan sama sekali,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya juga telah mengantisipasi lonjakan penumpang yang umumnya wisatawan, berangkat dari Terminal Batoh menuju ke Sumatera Utara dan beberapa daerah lain.

“Kalau pemesanan tiket rata-rata hampir habis, tapi tidak habis seperti H-10 kemarin sudah full booking untuk H-1. Tapi arus balik ini tidak full habis, tapi masih ada tersisa,” katanya.

Kemudian, kata dia, masing-masing perusahaan angkutan juga telah menyiapkan armada untuk mengangkut masyarakat kembali ke kampung masing-masing dalam momentum arus balik libur panjang Idul Fitri.

“Tapi kalau orang Banda Aceh balik ke Medan dan daerah lain, itu tidak terlalu meningkat, masih standar seperti biasa. Kedatangan juga tidak terlalu banyak karena penumpang tidak hanya turun di terminal, tapi turun di Lhokseumawe, Bireuen dan daerah-daerah lain,” katanya.

 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022