Pemerintah Kota Sabang mengharapkan agar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di daerahnya menjadi motor penggerak dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah paling barat Indonesia itu.

Wali Kota Sabang Nazaruddin, Sabtu, mengatakan selain harus menjadi motor penggerak, MES juga harus mampu menjadi fasilitator dalam merintis kemitraan yang berkelanjutan antara usaha mikro dan makro.

"MES ini merupakan suatu wadah yang Insha Allah bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM. Ini juga sesuai dengan daerah kita yang berlandaskan syariat Islam,” kata Nazaruddin dalam keterangan diterima di Banda Aceh.

Melalui peran MES, lanjut dia, maka secara perlahan para pelaku ekonomi di Pulau Weh Sabang mendapatkan edukasi, sehingga bisa berpedoman pada ekonomi syariah.

“Terlebih Sabang juga merupakan daerah tujuan wisata, terutama dalam hal wisata halal," katanya.

Hal itu disampaikan wali kota saat pelantikan Pengurus MES Kota Sabang periode 2022-2025 di Aula Kantor Wali Kota Sabang, Jumat (13/5) malam.

Pengurus MES Sabang dipimpin Faisal Azwar sebagai ketua umum, yang dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Aceh Aminullah Usman, yang juga merupakan wali kota Banda Aceh.

"Besar harapannya kehadiran MES ini bisa lebih dirasakan masyarakat dengan menjadi penggerak dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia khususnya di Kota Sabang," kata Nazaruddin.

Sementara itu, Ketua Umum MES Aceh Aminullah Usman meminta agar pengurus MES Sabang terus mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar memilih sistem ekonomi syariah dan meninggalkan sistem ekonomi mengandung riba.

"MES merupakan ujung tombak dalam membumikan ekonomi syariah di Aceh. Para pengurus harus bekerja secara terus menerus, memberikan edukasi kepada masyarakat agar meninggalkan pola-pola ekonomi yang mengandung riba dan beralih ke sistem ekonomi Islam," katanya.

MES juga dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam pembinaan dan pengembangan sistem ekonomi berbasis syariah.

"MES tidak bisa jalan sendiri, harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada bapak wali kota Sabang, dukungan beliau terhadap MES sangat besar,” katanya.
 

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari/Khalis

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022