Seribuan karyawan PT Socfindo kebun Seunagan Nagan Raya, Provinsi Aceh berhasil mengumpulkan sampah seberat tiga ton dalam aksi gotong-royong bersih-bersih di Pantai Wisata Kuala Trang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.

“Aksi bersih sampah ini kami lakukan sebagai upaya untuk menggerakkan peduli dalam menjaga lingkungan di pantai,” kata Pengurus PT Socfindo Seunagan Wandi Cahyadi diwakili Fakhry Zein di Nagan Raya, Selasa.

Ada pun sasaran aksi bersih-bersih pantai tersebut dilakukan oleh karyawan beserta masing-masing keluarga, untuk mengumpulkan sampah plastik dan puntung rokok yang berserakan di sekitar pantai wisata.

Sampah yang terkumpul tersebut, kata Fakhry, kemudian dikumpulkan ke dalam truk sampah yang disediakan oleh panitia, dan kemudian karyawan yang mengumpulkan sampah juga mendapatkan kupon berhadiah dari panitia.

"Permasalahan sampah adalah tanggung jawab setiap orang. Untuk itu kita semua harus bersama-sama untuk mengatasinya apalagi banyak sampah sisa pengunjung libur Lebaran lalu," kata Fakhry Zein.

Menurutnya, aksi bakti sosial tersebut sebagai wujud peduli lingkungan, sekaligus sebagai edukasi kepada karyawan agar meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, khususnya di kawasan pantai wisata.

Fakhry juga mengatakan aksi pembersihan pantai tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran karyawan, untuk bertanggung jawab atas sampah dan mendukung program pemerintah dalam melakukan mitigasi kebersihan serta hidup bersih dan sehat, tuturnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022